MACAM-MACAM SERVER (WEB-SERVER, MAIL-SERVER, DATABASE-SERVER, PROXY-SERVER, FILE-SERVER)

15 Des 2009
Posted by Unknown

1. Proxy Server
Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet yang memiliki tujuan meningkatkan performance dari suatu kelompok user.

2. File Server
File Server adalah sebuah komputer yang dikhususkan untuk menyimpan file-file data yang dipergunakan oleh user-user yang komputernya terhubung pada suatu LAN (Local Area Network). Seluruh client hanya menyimpan data pada server saja, Pada jaringan komputer dengan sistem File Server, penempatan file-file seluruhnya dipusatkan pada File Server tersebut. Apabila ada komputer user yang rusak karena virus, maka data-data tetap aman tersimpan pada server. Dengan demikian, faktor risiko penyalahgunaan data juga dapat di-eliminasi.
P
3. Database Server
Database server adalah sebuah mesin yang digunakan sebagai server untuk menyimpan suatu database yang nantinya dipergunakan untuk mengolah data base
Karakteristik dari database server adalah prinsip kerja yang distribusi database, memiliki kemampuan proses yang tinggi, otentikasi pemakai, pemeriksaan integrasi, pemeliharaan data dictionary dilakukan pada database server, beban jaringan menjadi berkurang.


4. Web Sever
Web Server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.
5. Mail Server
Mail server merupakan salah satu fungsi server yang digunakan untuk menyimpan e-mail dari masing-masing user.
Karakteristik mail server adalah


Untuk artikel selengkapnya silakan klik LINK ini untuk mendownloadnya dalam bentuk doc

0 komentar: